6 Desa Wisata Istimewa Tempat Berlibur Keluarga

Rindu dengan suasana pedesaan, atau ingin mengenalkan anggota keluarga pada lingkungan desa yang asri dan segar?. Pergilah bersama keluarga ke daerah Bogor  disana terdapat berbagai wisata dengan menawarkan konsep suasana pedesaaan, yang berupa kampung alami maupun tempat wisata yang dibangun dengan suasana pedesaan.

Berikut ini tempat desa wisata di bogor yang menyediakan berbagai sarana wisata yang dapat anda nikmati bersama keluarga dengan berbagai fasilitas yang akan menambah suasana kebersamaan bersama keluarga semakin terjalin erat, diantaranya adaalah

1. Kampoeng Bamboe

Dengan lokasi yang mudah dijangkau hanya berjarak 18 km dari pintu tol Bogor, tersedia berbagai kegiatan dari kunjungan sehari maupun menginap. Anda akan dibawa dalam suasana pedesaan dengan hamparaan sawah dan kebun serata panorama gunung salak dan pangrango yang memanjakan mata anda bersama keluarga sehingga dijamin akan menimbulkan rasa nyaman, tenang, segar dan bahagia.

2. Kampung Budaya Sindang Barang

Menurut Sumber Sejarah Naskah Pantun Bogor dan Babad Pajajaran Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua yang ada di wilayah Kota maupun Kabupaten Bogor. Berlokasi di Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Jaraknya kurang lebih sekitar 5 km dari kota Bogor. Merupakan sebuah Kampung yang Tertua di Wilayah kota dan kab. Bogor, berdasarkan sumber dari naskah Pantun Bogor serta Babad Pajajaran.

Kampung Wisata menyediakan 8 jenis Kesenian Sunda, berbagai situs peninggalan kerajaan Pajajaran dan Upacara Seren Taun yang selalu dilaksanakan setiap satu tahun sekali sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil Panen yang baik.

3. Wisata Kampung Salaca

Kampung Salaca terletak di Jl, R. Abdul Fatah no. 24 Desa Tapos 2 Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Dengan konsep Wisata Desa di Puncak Gunung. Disini anda bersama keluarga akan dimanjakan dengan panorama pegunungan yang asri dan jauh dari suasana hingar binger perkotaan, Kampung dengan Luas 60 Ha, menydiakan berbagai macam rumah adat nusantara, serta adanya wisata edukatif pedesaan seperti member pakan ikan, menanam padi hingga memandikan kerbau di jamin anda dan keluarga tidak akan bosan. Selain itu jika anda memiliki waktu yang agak lama silahkan menginap karena di sini tersedia fasilitas berupa saung atau yang lebih dikenal dengan resort dengan harga yang terjangkau pastinya.

4. Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampung Wisata Cinangneng terletak Jalan Babakan Kemang RT 01/RW 02, Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berbagai fasilitas kesenian yang dapat anda dinikmati bersama keluarga mulai dari kesenian daerah seperti wayang golek, tarian khas adat sunda atau jaipong, bermain angklung, permainan tradisional, berkreasi huruf dan warna di atas caping (topi petani) serta berbagai upacara ritual, selain itu anda bersama keluarga dapat merasakan secara langsung bagaimana aktivitas kehidupan masyarakat pedesaan seperti menanam padi, menggarap sawah dan memanennya, memandikan kerbau, membungkus nasi timbel, membuat kue bugis atau kue putu, dan ronda kampung bersama masyarakat bagi anda yang memilih paket wisata menginap. Namun yang tak kalah penting adalah kampong wisata Cinangneng juga menawarkan keindahan dan pesona alamnya yang mempesona seperti pegunungan, sungai, kebun, dan indahnya hamparan petak sawah.

5. Kampung Wisata Pancawati Bogor

Beralamat di di Desa Lemah Neundeud-Pancawati Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Jawa Barat tepatnya berlokasi di salah satu bukit lereng Gunung Pangrango yang berhadapan langsung dengan Gunung Salak membuat panorama pegunungan dan hamparan sawah, ladang serta desa yang berhamparan diseantero penjuru yang memanjakan mata, udara yang bebas polusi dan sejuk, dalam atmosfir pedesaan yang asri serta keindahan alam yang begitu menawan membawa anda ke dalam suasana hati yang tentram dan nyaman akan memberikan energi baru bagi anda dan keluarga.

Di tempat ini, kebiasaan dan adat isitiadat masyarakat desa sampai sekarang masih tetap terpelihara, seperti wayang golek, tarian adat Sunda jaipong dan gendang pencak, makanan khas kampung, serta berbagai upacara dan ritual bertani serta berkebun masih dapat Anda temukan secara lengkap dari zaman ke zaman.

6. Desa Sawah, Desa Cinagara Kec. Caringin

Berlokasi di Desa Cinagara Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Menyediakan fasilitas berupa vila-vila tradisional Sunda dengan ruang tamu dan teras outdoor
Desa Sawah menyuguhkan pemandangan persawahan di sekelilingnya, objek wisata terdekat dari desa Sawah adalah Curug Cikaweni yang hanya berjarak 10 Menit Berkendara

Objek Wisata Desa di Bogor boleh jadi adalah tujuan yang tepat untuk anda bersama keluarga dalam menghabiskan masa liburan kali ini. Jika masih belum cocok anda masih bisa menentukan pilihan tujuan tempat wisata keluarga pada artikel kami selanjutnya. semoga bermanfaat

Informasi Terbaru

Back To Top